Motivasi

A.    Pengertian motivasi
       Motivasi erat hubunganya dengan kebutuhan serta dorongan yang terdapat dalam diri seseorang atau manusia,manusia akan terdorong untuk melakukan suatu bila di rasakan kebutuhan pada dirinya bila belum terpenuhi (menuntut pemenuhan),misalnya dorongan siswa untuk belajar adalah adalah untuk mendapatkan pengetahuan ,keterampilan,dan kecekapan.
       Motivasi(motivation) berasal dari bahasa lain ‘’movere’’yang berarti to move atau mengerakkan ,sedangkan menurut suriasumantri motivasi merupakan dorongan ,hasrat,atau kebutuhan seseorang
       Menurut E.kusuma mengemukakan tengtang pengertian motivasi yaitu,secara sederhana asal kata motivasi adalah motif yang dapat diartikan sebagai sesuatu dalam diri manusia yang mendorong manusia untuk berbuat sesuatu guna mencapai tujuan tertentu.dengan demikian motivasi dapat di beri makna sebagai langkah pemberian dorongan atau rangsangan agar motip yang ada pada diri seseorang bekerja dalam mencapai tujuan.
       Motivasi mempunya 4 pengaruh penting yaitu:
a.    Motifasi memberi semangat sehingga individu menjadi aktif ,sibuk dan    tertarik
b.    Motivasi menopang upaya dan menjaga (belajar)individu agar tetap berjalan
c.    Motivasi mengarahkan dan mengendalikan tujuan individu sehungga dapat melengkapi suatu tigas ,mencapai tujuan(khusus) yang di inginkan.
d.    Motivasi adalah selektif,agar individu dapat menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan dan bagaimana tugas itu akan dilakukan.

B.    Jenis-jenis motivasi yang mempengaruhi pembinaan minat baca
1.    Motivasi internal
       Motuvasi internal adalah motivasi yang timbul dari dalam diri manusia seperti keinginan untuk mendapatkan keterampilan dan mengembangkan sikap untuk berhasil.hal-hal penting yang dapat menimbulkan motivasi  yaitu:
a.    Kebutuhan
Adanya kebutuhan maka seseorang didorong untuk membaca ,misalnya seorang anak  yang ingin mengetahuin isi cerita sebuah komik maka keinginan tersebut menjadi daya dorong yang kuat bagi anak untuk membaca .apabila dia telah membaca maka kebutuhanya untuk mengetahuin isi cerita komik tersebut telah terpenuhi.
b.    Pengetrahuan tengtang kemajuan sendiri
Apabila seseorang mengetahui  hasil-hasil atau prestasinya sendiri dari membaca maka ia akan terdorong untuk membaca lebih banyak lagi,contoh: anak yang btelah membaca sebuah buku dan ia dapat menuangkan kembali dengan kata-katanya sendiri,kemudian dimuat di majallah anak-anak  atau lembar anak pada suatu surat kabar maka akan mendorong anak lebih banyak membaca lagi,oleh karna itu ,penting untuk menyediakan buku-buku yang sesuai kemampuan daya serap seseorang ,karna daya serap buku sangat erat kaitanya dengan bahasa yang mudah di cernah oleh pembacanya.
c.    Aspirasi atau cita-cita
Bagi seorang anak kecil ,mungkin belum mempunyai cita-cita ,ataupun bial mempunyai cita-cita ,cita-citanya barang kali masih sangat rabil atau sangat sederhana ,sebaliknya bagianak yang sudah remaja ,cita-cita itu akan menjadi jelas dan tegas misalnya cita-cita,ingin menjadi dokter,insiyur,pustakawan,militer dan sebagainya.
2.    Motivasi eksternal
       Motivasi eksternal adalah motivasi yang disebapkan oleh faktor-faktor diluar situasi manusia,seperti dilingkungan keluarga dan dilingkungan sekolah

0 komentar:

Posting Komentar